atau kamar hotel yang dijual kepada para tamu. Guest room yang dijual kepada para tamu
Lobi hotel adalah tempat di mana para tamu melakukan check in dan check out secara
langsung. Lobi hotel mereprentasikan hotel secara keseluruhan. Oleh karena itu, departemen
housekeeping perlu memberi perhatian khusus pada ruang tersebut. Koridor tempat berlalu-
lalangnya tamu biasanya dilapisi karpet agar tidak menimbulkan suara berisik, sehingga
Restaurant and banquet hall adalah area publik yang bisa dilalui oleh tamu hotel dan
pengunjung yang ingin makan dan menghadiri perjamuan. Makanan dalam ruang makan
tersebut menjadi tanggung jawab F & B dan departemen housekeeping bertanggung jawab
dalam menjaga kebersihan, keindahan, dan kenyamanan ruangannya.
Bagian lain yang menjadi tanggung jawab departemen housekeeping adalah office, yaitu
office juga harus dijaga agar manajemen dan staf dapat bekerja dengan baik. Loker karyawan
(employee locker) merupakan tempat yang biasanya digunakan para karyawan hotel untuk tidur maupun melepas lelah sejenak di waktu istirahat. Toilet karyawan (toilet locker) merupakan toilet khusus karyawan yang secara periodik dibersihkan oleh Public Area Attendant. tamu (guest toilet) merupakan toilet umum untuk para pengunjung hotel di luar tamu hotel yang menginap. Toilet tamu juga merupakan representasi hotel agar selalu bersih, nyaman, dan terbebas dari bakteri dan virus yang merugikan pengunjung.
Hotel bintang empat ke atas memiliki kolam renang (swimming pool) yang bisa digunakan,
baik oleh tamu hotel maupun masyarakat umum. Taman di dalam dan di luar ruangan (in and
outdoor garden) merupakan ruang hijau yang digunakan sebagai peneduh, penyejuk, dan
sebagai penunjang penampilan hotel. Area lain yang menjadi tanggung jawab departemen
housekeeping adalah halaman parkir (parking area), di mana para tamu hotel dan pengunjung
memarkirkan kendaraannya. Oleh karena area yang luas dan banyaknya jenis pekerjaan
untuk melindungi, menjaga, dan memelihara ruangan-ruangan dan peralatan hotel, maka
dibutuhkan tenaga yang profesional dan terampil di bidangnya.
Departemen housekeeping juga tidak bisa bekerja sendiri. Oleh karena itu, departemen
tersebut bekerja sama dengan departemen lain dalam menjalankan tugas dan fungsinya.
Untuk bagian room bekerja sama dengan FO, untuk bagian banquet bekerja sama dengan F &
B dan FO, serta untuk menyelesaikan kasus dengan tamu, departemen tersebut berkoordinasi
dengan FO dan sebagainya.
0 Komentar