RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Teknologi Wira Bhakti Denpasar
Kelas/Semester : X / 1 (Ganjil )
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Tema/Topik : Teknik Dasar Melempar/mengumpan Bolabasket
Waktu : 3 x 45 menit ( 1 x pertemuan )
A. Kompetensi Inti :
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianut.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong) santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator:
1.1
Menghayati dan mengamalkan
nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan
olahraga:
1.1.1
Berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran
2.1 Berperilaku sportif dalam
bermain:
2.1.1. Menghargai
teman dan lawan
2.1.2. Menerima
kekalahan
2.1.3. Mentaati
peraturan permainan
2.2 Bertanggung jawab
dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan
diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar:
2.2.1 Menjaga
dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
2.2.2 Mengembalikan
peralatan pembelajaran ketempat yang telah disediakan
2.2.3 Menjaga
keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.
2.2.4 Menjaga
ketertiban lingkungan sekitar
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik:
2.6.1
Mengikuti
kegiatan sesuai waktu yang ditentukan
2.6.2 Mengikuti semua proses pembelajaran
3.1 Memahami
konsep keterampilan gerak fundamental permainan bola besar:
4.1 Mempraktikkan
teknik dasar permainan bola besar dengan menekankan gerak dasar fundamental:
3.1.1
Menjelaskan konsep gerak fundamental teknik dasar
melempar
4.1.1 Melakukan sikap awal melempar (kaki, tangan, dan
pandangan mata).
3.1.2 Mengidentifikasikan
rangkaian gerak melempar
4.1.2 Melakukan
gerakan melempar (kaki, tangan, dan pandangan mata)
3.1.3
Menjelaskan kesalahan-kesalahan dalam melakukan sikap
akhir passing melempar
4.1.3
Melakukan sikap akhir melempar (kaki, tangan, dan
pandangan mata)
3.1.4
Melakukan analisis
gerakan melempar dalam
permainan
4.1.4 Melakukan
permainan bolabasket dengan menggunakan lemparan n tangkapan
C.
Materi Pembelajaran :
- Melempar bolabasket.
Melempar dalam permainan bolabasket adalah usaha atau upaya seorang
pemain bolabasket dengan cara menggunakan suatu teknik tertentu yang tujuannya
adalah untuk mengoperkan bola yang dimainkannya itu kepada teman seregunya untuk
dimainkan di lapangan sendiri maupun di lapangan lawan.
Teknik dasar melempar dengan rincian kegiatan sebagai berikut:
Elemen dasar bagi pelaksanaan lemparan
chest pass yang baik adalah: a). Gerakan memegang bola. b). Mengatur posisi.
c). Melempar bola dan d). Mengarahkan bola ke arah sasaran.
1) Persiapan (Sikap
awal)
(a) Pegang bola dengan kedua tangan,
atur posisi tubuh
(b) kaki dalam posisi meragang dengan
santai, bahu terbuka lebar
(c) tekuk lutut, tahan tubuh dalam
posisi rendah.
(d) pandangan ke arah teman yang akan
dituju
Gb. 1 Gerakan persiapan chet pass
2) Pelaksanaan (Perkenaan bola)
(a)
lemparkan bola dengan kedua tangan
(b)
lemparan dari depan dada
(c)
luruskan kedua siku
(d)
pergelangan tangan/pols diaktifkan
(e)
berat badan mengikuti ke arah kaki bagian depan
Gb. 2 Gerakan pelaksanaan chest pass
3) Gerakan Lanjutan (Sikap akhir)
(a)
pindahkan berat badan arah kesasaran
(b)
perhatikan bola bergerak kesasaran
Gb. 3 Gerakan lanjutan chest pass
D.
Metode Pembelajaran.
1.
Pendekatan: saintifik (scientific)
2.
Resiprokal
E.
Kegiatan Pembelajaran.
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Berbaris, berdoa, presensi, dan
apersepsi dengan Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan
pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
·
Pengkondisian fisik, mental, untuk mengikuti
pembelajaran.
·
Memberikan motivasi dan menjelaskan
tujuan pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Guru membagikan lembar
kerja tentang materi (pemberian tanggung jawab…)
2.
Peserta didik mempelajari
lembar kerja yang diberikan oleh guru (mengamati)
3.
Peserta didik
mendiskusikan lembar kerja yang diberikan dengan teman-temannya.(menanya)
4.
Peserta didik melakukan
klarifikasi dan konfirmasi pada guru tentang tugas yang diberikan. (menanya)
5.
Peserta didik secara
berpasangan bertindak sebagai pelaku dan pengamat (proses tanggung jawab…
6.
Pelaku mencoba melakukan
gerakan sebagaimana yang ada di lembar kerja (mencoba, menyaji)
7.
Pengamat mengamati gerakan
yang dilakukan oleh pelaku (analisis, menalar)
8.
Pengamat melakukan koreksi
tentang gerakan yang dilakukan oleh pelaku (evaluasi, menalar,)
9.
Pelaku memperbaiki gerakan
sesuai hasil koreksi dari pengamat (menyaji)
10. Setelah semua tugas gerak dilakukan oleh pelaku dan dikoreksi oleh
pengamat maka dilakukan pergantian peran (nilai apa yang terjadi…..)
11. Setelah semua peserta didik melakukan tugas gerak yang diberikan
sesuai lembar kerja yang diberikan oleh guru, peserta didik diberi kesempatan
mencari alternative gerakan selain yang ada di lembar kerja (mencipta)
---
LK dilampirkan…
|
85 menit
|
Penutup
|
·
Pendinginan.
·
Evaluasi proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan
atau tertulis tentang materi lemparan chest pass
·
Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik
tentang materi melempar
·
Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
·
Menarik kesimpulan dari hasil
pembelajaran, dan berdoa
|
25 Menit
|
F.
Alat dan Sumber Belajar
1. Alat :
-
Lapangan, Bolabasket, bola karet, cone, pluit.
3. Sumber Belajar
-
Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum
2013
- Buku referensi lain yang sesuai
G.
Penilaian
1.
Penilaian sikap
Selama proses
pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak melakukan
aktivitas di dalam kelas. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran,
yaitu bertanggung
jawab, sportif, dan disiplin.
Keterangan:
Berikan tanda
cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan
atau menampilkan perilaku yang diharapkan.
Tiap perilaku yang di cek ( √ ) mendapat nilai 1.
RUBRIK
PENILAIAN
SIKAP DALAM
PERMAINAN BOLABASKET
PERILAKU
YANG DIHARAPKAN
|
CEK (√ )
|
A.
Sportif
|
|
1. Menghargai
teman dan lawan
|
|
2. Menerima
kekalahan
|
|
3. Mentaati
peraturan permainan
|
|
B.
Tanggung jawab
|
|
3.1.5
Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran
sesuai dengan penggunaannya
|
|
3.1.6
Mengembalikan peralatan pembelajaran ketempat
yang telah disediakan
|
|
3.1.7
Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain
dalam beraktivitas.
|
|
3.1.8
Menjaga ketertiban lingkungan sekitar
|
|
3.1.9
Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran
sesuai dengan penggunaannya
|
|
3.1.9.1
Disiplin
|
|
1. Mengikuti kegiatan sesuai waktu yang ditentukan
|
|
2. Mengikuti semua proses pembelajaran
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH MAKSIMAL : 10
|
|
|
Nilai =
Jumlah skor maksimal
NILAI
|
KRITERIA
|
90 -
100
|
Amat
Baik ( AB)
|
78 -
89
|
Baik (B)
|
66 -
77
|
Cukup
(C)
|
< 65
|
Kurang
(K)
|
2.
Pengetahuan:
Jawab secara lisan atau tulisan, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep
gerak melempar dalam permainan bolabasket.
No
|
Pertanyaan
|
Kriteria
Persekoran
|
Jumlah
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Jelaskan sikap awal kaki, tangan,
dan pandangan ketika akan melakukan
teknik dasar melempar
pada permainan bolabasket!
|
|||||
2
|
Jelaskan
posisi kaki, tangan, dan pandangan ketika melakukan lemparan pada
permainan bolabasket!
|
|||||
3
|
Jelaskan sikap akhir kaki, tangan,
dan pandangan ketika akan melakukan
teknik dasar melempar pada permainan bolabasket!
|
|||||
4
|
Jelaskan
rangkaian gerakan melempar dalam permainan bolabasket !
|
|||||
5
|
Jelaskan kesalahan-kesalahan sikap
awal dalam melakukan melempar pada permainan bolabasket!
|
|||||
6
|
Jelaskan kesalahan-kesalahan sikap
perkenaan dalam melakukan melempar pada permainan bolabasket!
|
|||||
7
|
Jelaskan kesalahan-kesalahan sikap
akhir dalam melakukan melempar pada permainan bolabasket!
|
Keterangan:
1. Skor
4: Jika peserta didik mampu
menjelaskan tiga indikator (kaki, tangan, dan pandangan)
2. Skor
3: Jika peserta didik mampu
menjelaskan dua indikator.
3. Skor
2: Jika peserta didik mampu menjelaskan salah satu
indikator.
4. Skor
1: Jika peserta didik tidak satupun pertanyaan di
atas mampu dijelaskan
Keterangan:
Penilaian
terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai
dengan 4
|
|
Nilai =
Jumlah skor maksimal
3.
Tes unjuk
kerja (keterampilan):
1). Lakukan teknik
dasar melempar
Keterangan:
Penilaian
terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1
sampai dengan 3
|
|
Nilai =
Jumlah skor maksimal
RUBRIK PENILAIAN
MELEMPAR
No
|
Dimensi
|
Indikator
|
Deskripsi Gerak
|
Nilai
|
||
3
|
2
|
1
|
||||
1
|
Sikap Awal
|
1.
Kaki
|
- Kaki merenggang dengan santai
|
|||
- Lutut ditekuk dalam posisi rendah
|
||||||
- Salah satu kaki di depan
|
||||||
2.
Tangan
|
- Kedua tangan memegang bola
|
|||||
- Kedua lengan ditekuk di depan dada
|
||||||
- Kedua lengan rilek
|
||||||
3.
Badan dan Pandangan Mata
|
- Punggung direndahkan
|
|||||
- Posisi badan relax
|
||||||
- Pandangan ke depan
|
||||||
2
|
Pelaksanaan
|
1.
Kaki
|
- Kaki bergerak ke arah datangnya lemparan bola
|
|||
- Kaki sedikit diulurkan
|
||||||
- Lutut diluruskan
|
||||||
2. Tangan
|
- Bola diluncurkan
|
|||||
- Tangan didorongkan lurus
|
||||||
- Pergelangan diaktifkan
|
||||||
3.
Badan dan Pandangan Mata
|
- Berat badan dialihkan ke depan
|
|||||
- Pinggul bergerak ke depan
|
||||||
- Pandangan mata ke arah datangnya lajunya bola
|
||||||
3
|
Sikap Akhir
|
1.
Kaki
|
- Salah satu kaki melangkah ke depan
|
|||
- Lutut diluruskan
|
||||||
- Kedua kaki
|
||||||
2.
Tangan
|
- Jari tangan diaktifkan
|
|||||
- Tangan mengikuti bola ke sasaran
|
||||||
- Lengan sejajar di bawah bahu
|
||||||
3.
Badan dan Pandangan Mata
|
- Pindahkan berat badan ke arah sasaran
|
|||||
- Badan diluruskan
|
||||||
- Perhatikan bola ke arah sasaran
|
Keterangan :
1.
Peserta mendapatkan nilai 3, apabila ada tiga indikator yang dilakukan benar.
2.
Peserta mendapatkan nilai 2, apabila ada dua indikator yang dilakukan benar.
3.
Peserta mendapatkan nilai 1, apabila ada satu indikator yang dilakukan benar dan
tidak ada satu indikator pun yang dilakukan benar
4.
Nilai maksimal adalah 27
Memeriksa
dan Menyetujui
Kepala
SMA/SMK Teknologi
|
denpasar,
............................................
Guru
Mata Pelajaran PJOK
|
…………………………………..
NIP.
|
..............................................................
NIP.
|
0 Komentar