Advertisement

Responsive Advertisement




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

   Satuan Pendidikan                   :  SMK Teknologi Wira Bhakti Denpasar
Kelas/Semester                          :  X / 1 (Ganjil )
Mata Pelajaran                         : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan        
Tema/Topik                               : Teknik Dasar Melempar/mengumpan Bolabasket
Pertemuan ke                            : 1 (pertama)
Waktu                                        : 3 x 45 menit ( 1 x pertemuan )
A. Kompetensi Inti :                       
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong) santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator:               
1.1      Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga:
1.1.1      Berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran
2.1      Berperilaku sportif dalam bermain:
2.1.1.    Menghargai teman dan lawan
2.1.2.    Menerima kekalahan
2.1.3.    Mentaati peraturan permainan
2.2                      Bertanggung jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar:
2.2.1      Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
2.2.2      Mengembalikan peralatan pembelajaran ketempat yang telah disediakan
2.2.3      Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.
2.2.4      Menjaga ketertiban lingkungan sekitar
2.6      Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik:
2.6.1      Mengikuti kegiatan sesuai waktu yang ditentukan
2.6.2      Mengikuti semua proses pembelajaran
3.1      Memahami konsep keterampilan gerak fundamental permainan bola besar:
4.1      Mempraktikkan teknik dasar permainan bola besar dengan menekankan gerak dasar fundamental:
3.1.1      Menjelaskan konsep gerak fundamental teknik dasar melempar
4.1.1      Melakukan  sikap awal melempar (kaki, tangan, dan pandangan mata).
3.1.2    Mengidentifikasikan rangkaian gerak melempar
4.1.2    Melakukan gerakan melempar (kaki, tangan, dan pandangan mata)
3.1.3      Menjelaskan kesalahan-kesalahan dalam melakukan  sikap akhir passing melempar
4.1.3      Melakukan sikap akhir melempar (kaki, tangan, dan pandangan mata)
3.1.4      Melakukan analisis gerakan melempar dalam permainan
4.1.4   Melakukan permainan bolabasket dengan menggunakan lemparan n tangkapan

C.   Materi Pembelajaran :
  1. Melempar bolabasket.
                Melempar dalam permainan bolabasket adalah usaha atau upaya seorang pemain bolabasket dengan cara menggunakan suatu teknik tertentu yang tujuannya adalah untuk mengoperkan bola yang dimainkannya itu kepada teman seregunya untuk dimainkan di lapangan sendiri maupun di lapangan lawan.
Teknik dasar melempar  dengan rincian kegiatan sebagai berikut:
      





                Elemen dasar bagi pelaksanaan lemparan chest pass yang baik adalah: a). Gerakan memegang bola. b). Mengatur posisi. c). Melempar bola dan d). Mengarahkan bola ke arah sasaran.
1)    Persiapan (Sikap awal)
(a)  Pegang bola dengan kedua tangan, atur posisi tubuh
(b)  kaki dalam posisi meragang dengan santai, bahu terbuka lebar
(c)  tekuk lutut, tahan tubuh dalam posisi rendah.
(d)  pandangan ke arah teman yang akan dituju


                      Gb. 1  Gerakan persiapan chet pass
2)    Pelaksanaan (Perkenaan bola)
(a)       lemparkan bola dengan kedua tangan           
(b)       lemparan dari depan dada
(c)        luruskan kedua siku
(d)       pergelangan tangan/pols diaktifkan
(e)       berat badan mengikuti ke arah kaki bagian depan




              Gb. 2 Gerakan pelaksanaan chest pass
3)    Gerakan Lanjutan (Sikap akhir)
(a)       pindahkan berat badan arah kesasaran
(b)       perhatikan bola bergerak kesasaran



             Gb. 3 Gerakan lanjutan chest pass
D.    Metode Pembelajaran.
1.       Pendekatan: saintifik (scientific)
2.       Resiprokal

E.   Kegiatan Pembelajaran.
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
·       Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi dengan Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
·       Pengkondisian fisik, mental, untuk mengikuti pembelajaran.
·       Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
10 menit
Inti
1.     Guru membagikan lembar kerja tentang materi (pemberian tanggung jawab…)
2.     Peserta didik mempelajari lembar kerja yang diberikan oleh guru (mengamati)
3.     Peserta didik mendiskusikan lembar kerja yang diberikan dengan teman-temannya.(menanya)
4.     Peserta didik melakukan klarifikasi dan konfirmasi pada guru tentang tugas yang diberikan. (menanya)
5.     Peserta didik secara berpasangan bertindak sebagai pelaku dan pengamat (proses tanggung jawab…
6.     Pelaku mencoba melakukan gerakan sebagaimana yang ada di lembar kerja (mencoba, menyaji)
7.     Pengamat mengamati gerakan yang dilakukan oleh pelaku (analisis, menalar)
8.     Pengamat melakukan koreksi tentang gerakan yang dilakukan oleh pelaku (evaluasi, menalar,)
9.     Pelaku memperbaiki gerakan sesuai hasil koreksi dari pengamat (menyaji)
10. Setelah semua tugas gerak dilakukan oleh pelaku dan dikoreksi oleh pengamat maka dilakukan pergantian peran (nilai apa yang terjadi…..)
11. Setelah semua peserta didik melakukan tugas gerak yang diberikan sesuai lembar kerja yang diberikan oleh guru, peserta didik diberi kesempatan mencari alternative gerakan selain yang ada di lembar kerja (mencipta)
--- LK dilampirkan…
85 menit
Penutup
·         Pendinginan.
·         Evaluasi proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau tertulis tentang materi lemparan chest pass
·         Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi melempar
·         Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
·         Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran, dan  berdoa
25 Menit
F.   Alat dan  Sumber Belajar
1.    Alat :
-     Lapangan, Bolabasket, bola karet, cone, pluit.
3.     Sumber Belajar
-     Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013
-     Buku referensi lain yang sesuai
G.   Penilaian
1.        Penilaian sikap
Selama proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak melakukan aktivitas di dalam kelas. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu bertanggung jawab, sportif, dan disiplin.
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) mendapat nilai 1.


RUBRIK PENILAIAN
SIKAP DALAM PERMAINAN BOLABASKET

PERILAKU YANG DIHARAPKAN
CEK (√ )
A.      Sportif

1.      Menghargai teman dan lawan

2.      Menerima kekalahan

3.      Mentaati peraturan permainan

B.      Tanggung jawab

3.1.5           Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya

3.1.6           Mengembalikan peralatan pembelajaran ketempat yang telah disediakan

3.1.7           Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.

3.1.8           Menjaga ketertiban lingkungan sekitar

3.1.9           Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya

3.1.9.1      Disiplin

1.     Mengikuti kegiatan sesuai waktu yang ditentukan

2.     Mengikuti semua proses pembelajaran

JUMLAH

JUMLAH MAKSIMAL  :  10


100%
 
X
 
                        Jumlah skor yang diperoleh
       Nilai = 
                            Jumlah skor maksimal

NILAI
KRITERIA
90 - 100
Amat Baik ( AB)
78 - 89
Baik  (B)
66 - 77
Cukup (C)
<  65
Kurang (K)



2.       Pengetahuan:
Jawab secara lisan atau tulisan, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak melempar dalam permainan bolabasket.
No
Pertanyaan
Kriteria Persekoran
Jumlah


1
2
3
4
1
Jelaskan sikap awal kaki, tangan, dan  pandangan ketika akan melakukan teknik dasar melempar pada permainan bolabasket!





2
Jelaskan posisi kaki, tangan, dan  pandangan ketika melakukan lemparan pada permainan bolabasket!





3
Jelaskan sikap akhir kaki, tangan, dan  pandangan ketika akan melakukan teknik dasar melempar pada permainan bolabasket!





4
Jelaskan rangkaian gerakan melempar dalam permainan bolabasket !





5
Jelaskan kesalahan-kesalahan sikap awal dalam melakukan melempar pada permainan bolabasket!





6
Jelaskan kesalahan-kesalahan sikap perkenaan dalam melakukan melempar pada permainan bolabasket!





7
Jelaskan kesalahan-kesalahan sikap akhir dalam melakukan melempar pada permainan bolabasket!





Keterangan:
1.       Skor 4:     Jika peserta didik mampu menjelaskan tiga indikator (kaki, tangan, dan pandangan)
2.       Skor 3:     Jika peserta didik mampu menjelaskan dua indikator.
3.       Skor 2:     Jika  peserta didik mampu menjelaskan salah satu indikator.
4.       Skor 1:     Jika peserta didik tidak satupun pertanyaan di atas mampu dijelaskan

Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
100
 
X
 
                                                            Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  = 
                                                            Jumlah skor maksimal


3.       Tes unjuk kerja  (keterampilan): 
1). Lakukan teknik dasar melempar
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 3
100
 
X
 
                            Jumlah skor yang diperoleh
       Nilai = 
                            Jumlah skor maksimal

RUBRIK PENILAIAN  MELEMPAR

No
Dimensi
Indikator
Deskripsi Gerak
Nilai
3
2
1
1
Sikap Awal
1.        Kaki
-   Kaki merenggang dengan santai

-   Lutut ditekuk dalam posisi rendah
-   Salah satu kaki di depan
2.        Tangan
-   Kedua tangan memegang bola

-   Kedua lengan ditekuk di depan dada
-   Kedua lengan rilek
3.        Badan dan Pandangan Mata
-   Punggung direndahkan

-   Posisi badan relax
-   Pandangan ke depan
2

Pelaksanaan
1.        Kaki

-   Kaki bergerak ke arah datangnya lemparan bola

-   Kaki sedikit diulurkan
-   Lutut diluruskan
2.  Tangan
-   Bola diluncurkan

-   Tangan didorongkan lurus
-   Pergelangan diaktifkan
3.      Badan dan Pandangan Mata
-   Berat badan dialihkan ke depan

-   Pinggul bergerak ke depan
-   Pandangan mata ke arah datangnya lajunya bola
3
Sikap Akhir
1.        Kaki
-   Salah satu kaki melangkah ke depan

-   Lutut diluruskan
-   Kedua kaki
2.        Tangan
-   Jari tangan diaktifkan

-   Tangan mengikuti bola ke sasaran
-   Lengan sejajar di bawah bahu
3.        Badan dan Pandangan Mata
-   Pindahkan berat badan ke arah sasaran

-   Badan diluruskan
-   Perhatikan bola ke arah sasaran

Keterangan :
1.          Peserta mendapatkan nilai 3, apabila  ada tiga indikator yang dilakukan benar.
2.          Peserta mendapatkan nilai 2, apabila  ada dua indikator  yang dilakukan benar.
3.          Peserta mendapatkan nilai 1, apabila  ada satu indikator yang dilakukan benar dan tidak ada satu indikator pun yang dilakukan benar
4.          Nilai maksimal adalah 27
                               

Memeriksa dan Menyetujui
Kepala SMA/SMK Teknologi
denpasar, ............................................
Guru Mata Pelajaran PJOK


…………………………………..
NIP.


..............................................................
NIP.


Posting Komentar

0 Komentar