Lobby adalah pintu masuk hotel sebagai tempat bertemu para tamu yang menginap
maupun pengunjung yang tidak menginap. Lobby merupakan representasi hotel secara
keseluruhan. Oleh karena itu, kebersihan dan kerapihan area ini harus selalu terjaga.
2. Food and Beverage Outlet
Food and beverage outlet adalah area makanan dan minuman yang dikelola oleh
departemen food and beverage. Area makanan dan minuman tersebut meliputi coffee
shop, main dining room, super club dan night club, bar, meeting room, conference hall,
serta banquet hall. Area kitchen merupakan tanggung jawab kitchen crew dan steward.
3. Corridor, Selasar, Mezzanine, Stair Case
Corridor dalam istilah sehari-hari adalah gang di antara kamar atau kantor dengan
ruangan lain. Sedangkan selasar adalah gang yang letaknya berada paling luar, tetapi
masih di dalam bangunan. Mezzanine merupakan ruang terbuka yang menghubungkan
antar lantai di dalam gedung yang bisa dilihat dari bawah maupun dari atas. Stair case
adalah anak tangga yang menghubungkan antar lantai. Area-area tersebut merupakan
tempat berlalu-lalangnya tamu, pengunjung, maupun staf.
Untuk memudahkan para tamu mencari ruang yang dituju, hotel menuliskan
petunjuk maupun angka dari tiap-tiap lantai. Untuk menjaga kebersihan dan keasrian
pada di sepanjang area ini, dipasangi standing ashtray, dan tanaman dalam pot.
4. Offices
Office/kantor merupakan area yang digunakan manajemen dan para staf dalam
melakukan kegiatan kantornya. Lalu lintas pada area ini paling padat karena ada puluhan
bahkan ratusan personel. Perabot yang digunakan di area ini tidak semewah parabot
di area lain.
5. Toilet/Rest Room
Office/kantor merupakan area yang digunakan manajemen dan para staf dalam
melakukan kegiatan kantornya. Lalu lintas pada area ini paling padat karena ada puluhan
bahkan ratusan personel. Perabot yang digunakan di area ini tidak semewah parabot
di area lain.
5. Toilet/Rest Room
Toilet/rest room digunakan oleh staf hotel untuk beristirahat dan melakukan kegiatan
lain di luar kegiatan kantor. Toilet/rest room untuk pria dan wanita harus dibedakan.
Gent toilet/toilet pria dilengkapi urinoir untuk membuang air kecil sambil berdiri.
Urinoir dilengkapi dengan tombol atau tuas flash untuk mengguyur air. Ladies toilet
diperuntukkan bagi staf wanita yang dilengkapi dengan bidet (tempat buang air kecil
untuk wanita). Perlengkapan bidet untuk staf pria lebih sederhana, flusher bidet berbentuk
kran yang spiral yang bisa diubah posisinya.
6. Employee Area
Employee area yaitu area yang khusus yang dilalui oleh staf hotel. Area ini sangat
padat lalu lintasnya. Oleh karena itu, area ini paling tinggi tingkat pengotornya.
7. Fitness Center
Pada hotel bintang lima selalu dilengkapi dengan area fitness center lengkap
dengan peralatan gym dan personal training-nya. Selain digunakan oleh tamu dan staf,
masyarakat umum bisa menggunakan fitness center.
8. Indoor Garden
Pada hotel bintang lima selalu dilengkapi dengan area fitness center lengkap
dengan peralatan gym dan personal training-nya. Selain digunakan oleh tamu dan staf,
masyarakat umum bisa menggunakan fitness center.
8. Indoor Garden
Indoor garden yaitu taman yang dibuat di dalam gedung hotel. Oleh karena tanaman
tersebut ditata di dalam gedung, maka sebaiknya dipilih jenis tanaman yang kurang
suka intensitas matahari. Selain ditata sebagai landscaping pada function room, indoor
garden juga digunakan sebagai penghias pada area selasar, mezzanine, corridor, dan
tempat lain yang memungkinkan.
9. Employee Elevator/ Elevator Karyawan
Employee elevator/elevator karyawan yaitu elevator khusus untuk karyawan dari
satu lantai ke lantai yang lainnya. Employee elevator juga digunakan sebagai sarana
untuk membawa peralatan maupun barang-barang keperluan hotel.
10. Emergency Stair Case (Tangga Darurat)
Setiap bangunan usaha yang bertingkat diwajibkan memiliki emergency stair case
atau tangga darurat. Posisi tangga darurat berada di sayap kiri dan kanan, berlantai
keramik atau semen, dan digunakan untuk keluar gedung dalam keadaan darurat bagi
tamu maupun karyawan. Di hari-hari biasa, tangga ini dalam keadaan tertutup.
11. Guest Lift
Guest lift merupakan lift tamu yang menghubungkan lobi dengan kamar tamu.
Oleh karena lift ini merupakan jalan utama tamu, maka harus dijaga kebersihannya dan
dibersihkan setiap saat. Public area attendant atau petugas khusus di hotel-hotel besar
selalu standby dalam menjaga lift.
12. Ballroom
Ballroom adalah ruangan luas yang digunakan untuk acara-acara besar, seperti
wedding, converence, seminar, dan lain-lain. Ruangan ini biasanya memerlukan penataan
atau dekorasi yang mewah.
13. Meeting room
Meeting room adalah ruangan yang biasanya digunakan untuk rapat atau acara-
acara lain dengan jumlah pengunjung maksimal lima puluh orang. Meeting room tidak
banyak menggunakan perabot. Umumnya meeting room hanya membutuhkan meja,
kursi, perangkat komunikasi, dan LCD atau sesuai kebutuhan.
14. Locker Room
Locker room adalah ruang ganti khusus untuk karyawan. Locker untuk karyawan
pria dan wanita harus dipisahkan. Perabot yang ada dalam locker room ialah lemari
kecil untuk menyimpan seragam dan barang pribadi karyawan.
15. Bussiness Center
Bussiness center yaitu salah satu ruangan/bangunan yang disewakan hotel yang
dilengkapi dengan fasilitas internet, photocopy and fax machines, laptop/desktop
komputer, dan meeting room untuk kegiatan bisnis atau pekerjaan tamu hotel. Ruang
tersebut juga disewakan kepada pengunjung lainnya.
16. Employee Corridor
Employee Corridor yaitu corridor yang digunakan sebagai jalan masuk dan keluarnya
karyawan hotel. Corridor untuk karyawan berbeda dengan corridor untuk tamu. Lantai
pada employee corridor tidak dipasangi karpet, namun tetap disediakan standing ashtray
dan tanaman pot yang diletakkan di kiri dan kanan corridor.
0 Komentar