RENCANA PELAKSANNA PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK Teknologi Wira Bhakti Denpasar
Mata Pelajaran : Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X
/ 1
Materi Pokok :
Bola Voli
Alokasi Waktu : 3 x 45 Menit (1 TM)
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, reponsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
KI
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.
|
1.1Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya
sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
|
1.1.1 Memelihara kesehatan tubuh.
1.1.2 Menjaga kesehatan
tubuh dengan menerapkan gaya hidup aktif
|
2.
|
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain
2.2.Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri
sendiri dan orang lain, lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan
prasarana pembelajaran
2.3 Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik
|
2.1.1 Saat bermain tidak menunjukan sikap
tidak curang.
2.2.1 Dalam melakukan aktifitas fisik yang
dilakukan secara berkelompok,beregu dan berpasangan,memperhatikan kondisi
teman baik fisik ataupun psikis.
2.3.1.Mengikuti peraturan,petunjuk atau
arahan yang telah diberikan guru
|
3.
|
3.1.Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak salah
satu permainan bola besar untuk peningkatan keterampilan untuk menghasilkan
koordinasi gerak yang baik
|
3.1.1 Menganalisis variasi ketrampilan gerak
permainan bola besar melalui permainan bola voli
|
4.
|
4.1.Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan dalam
memainkan salah satu permainan bola besar dengan koordinasi gerak yang baik
|
4.1.1 Mempraktikan variasi ketrampilan gerak
permainan bola besar melalui permainan bola voli
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Tujuan
pembelajaran KI 1 dan KI 2:
1. Memelihara kesehatan tubuh
2. Menjaga kesehatan tubuh
dengan menerapkan gaya hidup aktip
3. Menunjukkan permainan tidak
curang
4. Merapikan kembali peralatan
yang telah digunakan pada tempatnya
5. Tidak melakukan gerakan yang
da[pat membahayakan diri sendiri dan orang lain
6. Melakukan aktifitas fisik
yang dapat dilakukan secara berkelompok beregu dan berpasangan dengan
memperhatikan kondisi teman, baik fisik atau psikis
7. Mampu saling membantu teman
bila ada kesulitan dalam melakukan gerakan dalam permainan bola besar
8. Melakukan permainan bola besar
dengan tidak menguasai alat atau
lapangan sendiri
9. Mengikuti peraturan petunjuk
atau arahan yang telah diberikan oleh guru
10. Menunjukkan prilaku bahwa
lawan merupakan teman bermain.
Tujuan Pembelajaran KI 3 dan KI 4:
1. Menganalisis dan mempraktikkan gerak
dasar passing bawah dengan baik.
2. Menganalisis dan mempraktikkan gerak
dasar passing atas dengan baik.
3. Menganalisis dan mempraktikkan gerak
dasar servis atas dengan baik.
4. Menganalisis dan mempraktikkan gerak
dasar smash dengan baik
D.
Materi Pembelajaran
1. Variasi gerak dasar passing bawah
2. Variasi gerak dasar passing bawah
3. Variasi gerak dasar servis atas
4. Variasi gerak dasar smash
E.
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Scientific
Demonstrasi
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Vidio Tehnik dasar Bola Voli
Gambar tehnik dasar Bola Voli
2.Alat dan bahan
Lapangan, Bolavoli, net/jarring,
bola karet, cone, pluit.
3.
Sumber
Pembelajaran
Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013
Internet
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan (15 menit)
Berbaris, berdoa, presensi,
dan apersepsi dengan Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman
peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
Pemanasan (warming up) untuk mengikuti pembelajaran dengan baik
2
Kegiatan inti (100
menit)
1)
Mengamati
Guru menunjukan vidio/gambar/alat
peraga,dll tentang materi atau menugaskan salah seorang siswa untuk
memperagakan tehnik bola voli dengan materi sebagai berikut:
2.1.1 Passing bawah
.Persiapan (Sikap awal)
;
-
bergerak kearah bola dan atur posisi tubuh
-
genggam jemari tangan
-kaki
dalam posisi meragang dengan santai, bahu terbuka lebar
-tekuk
lutut, tahan tubuh dalam posisi rendah.
-bentuk
landasan dengan lengan
-sikut
terkunci
-lengan
sejajar dengan paha
-pinggang
lurus
-pandangan
kearah bola
Teknik dasar (pasing bawah) dengan rincian kegiatan sebagai berikut:
1) Persiapan (Sikap awal)
(a) bergerak kearah bola dan atur posisi tubuh
(b)genggam jemari tangan
(c) kaki dalam posisi meragang dengan santai, bahu
terbuka lebar
(d)tekuk lutut, tahan tubuh dalam posisi rendah.
(e) bentuk landasan dengan lengan
(f) sikut terkunci
(g) lengan sejajar dengan paha
(h)pinggang lurus
(i) pandangan kearah bola
Gb. 1 Gerakan persiapan passing bawah
2) Pelaksanaan (Perkenaan bola)
(a)
menerima
bola di depan badan
(b)
sedikit
mengulurkan kaki
(c)
berat
badan dialihkan kedepan
(d)
perkenaan bola yang baik tepat pada pergelangan tangan
(e)
pukulah
bola jauh dari badan
(f)
pinggul
bergerak ke depan
(g)
perhatikan
bola saat menyentuh lengan
Gb. 2 Gerakan pelaksanaan passing bawah
3) Gerakan Lanjutan (Sikap akhir)
(a)
jari
tangan tetap digenggam
(b)
sikut
tetap terkunci
(c)
landasan
mengikuti bola kesasaran.
(d)
pindahkan
berat badan arah kesasaran
(e)
perhatikan
bola bergerak kesasaran
Gb. 3 Gerakan lanjutan passing bawah
2.1.2 Passing atas
Passing dalam
permainan bolavoli adalah usaha atau upaya seorang pemain bolavoli dengan cara
menggunakan suatu teknik tertentu yang tujuannya adalah untuk mengoperkan bola
yang dimainkannya itu kepada teman seregunya untuk dimainkan di lapangan
sendiri.
Teknik dasar (pasing atas) dengan rincian kegiatan sebagai berikut:
Elemen dasar bagi
pelaksanaan operan lengan depan atau passing atas yang baik adalah: a). Gerakan
mengambil bola. b). Mengatur posisi. c). Memukul bola dan d). Mengarahkan bola
kearah sasaran.
1) Persiapan (Sikap awal)
(a)
bergerak
kearah bola dan atur posisi tubuh
(b)
jemari
tangan di buka
(c)
kaki
dalam posisi meragang dengan santai,
(d)
tekuk
lutut, tahan tubuh dalam posisi rendah.
(e)
pandangan
kearah bola
(f)
kedua
tangan siap di depan dahi
2) Pelaksanaan (Perkenaan bola)
(a)
menerima
bola di atas dahi
(b)
sedikit
mengulurkan kaki
(c)
berat
badan dialihkan kedepan
(d)
perhatikan
bola saat menyentuh jari tangan
(e)
arahkan
bola jauh ke depan atas dari badan
3) Gerakan Lanjutan (Sikap akhir)
(a)
jari
tangan di buka rileks
(b)
lecutkan
tangan mengikuti arah bola.
(c)
perhatikan
bola bergerak kesasaran
2.13 Servis atas bola voli.
Servis dalam
permainan bolavoli adalah tindakan memukul bola oleh seorang pemain belakang kanan
yang dilakukan dari daerah servis, langsung ke lapangan lawan. Servis merupakan
gerakan memukul bola untuk memulai permainan. Keberhasilan suatu servis
tergantung pada kecepatan bola, jalan dan perputaran bola dan penempatan bola
daerah lawan.
Teknik dasar (servis atas) dengan rincian kegiatan
sebagai berikut:
Elemen dasar bagi
pelaksanaan servis atas yang baik adalah: a). Mengatur posisi. b). Melambungkan
bola, c) Memukul bola dari atas dan d). Mengarahkan bola kearah daerah lawan.
1) Persiapan (Sikap awal)
(a)
Berdiri
di daerah servis
(b)
Tangan
kiri memegang bola diatas kepala, tangan kanan ditarik ke belakang atas
(c)
kaki
kiri di depan dekat dengan garis servis
(d)
lutut di
tekuk sedikit
(e)
pandangan
kearah bola
2) Pelaksanaan (Perkenaan bola)
(a)
Bola
lemparkan di atas kepala
(b)
Ayunkan
tangan kanan ke depan
(c)
Pukul
bola dengan telapak tangan
3)
Gerakan
Lanjutan (Sikap akhir)
(a)
Gerakan
tangan mengikuti arah bola
(b)
Kaki
kanan ke depan
(c)
Perhatikan
bola ke arah sasaran
2)
Menanya
Siswa
bertanya dengan teman atau guru mengenai materi yang disajikan
·
guru membagi kelompok diskusi, agar peserta didik
dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih cepat.
·
Setelah siswa berkelompok, didalam kelompoknya
tersebut peserta didik akan memiliki sebuah atau lebih pertanyaan terhadap
materi bola voli yang sedang tersaji.
3) Mengumpulkan data (informasi)
a. Pada
fase ke tiga, dimana peserta didik akan mengumpulkan informasi dari beberapa
sumber, seperti buku, media internet dan pembahasan - pembahasan dari anggota
kelompok diskusinya, merangkum menjadi satu kesatuan dan akan dilanjutkan pada tahapan
yang keempat yaitu Mengasosiasikan
/ menalar
b. Guru membimbing siswa dalam melakukan perbaikan pemahaman terhadap
gerak yang diminta oleh tujuan pembelajaran
Dimana guru akan menjadi fasilitator dalam
kegiatan pengolahan informasi
4)Mengasosiasi/
·
Setelah siswa mengumpulkan informasi, kmudian
merunut secara sistematis, maka pada kegiatan selanjutnya siswa akan mencoba
untuk mengeksperimenkan gerakan dari materi yang tersaji.
·
Pada tahapan ini jika terjadi kesalahan gerakan
atau tidak sesuai dengan tuntutan penilaian
peserta didik diharapkan untuk mencoba mengulang kembali, sehingga
gerakannya semakin sempurna
·
Dalam kegiatan
ini siswa mengembangkan kemampuannya bahkan mengembangkan teknik yang
menjadi materi pembelajaran
·
Pada fase ini guru hanya sebagai fasilitator,
apabila tidak ada titik temu, barulah guru memberikan sedikit penjelasan dalam
menyelesaikan masalah tersebut
Setelah semua tagihan dirasa tercapai barulah
akan memasuki tahap berikutnya yaitu
mengkomunikasi
5)Mengkomunikasikan
-Siswa memperbaiki gerakan sesuai hasil koreksi dari
pengamat (menyaji).
-Setelah
semua tugas gerak dilakukan oleh pelaku dan dikoreksi oleh pengamat maka dilakukan pergantian peran.
3
Penutup
· Pendinginan.
· Evaluasi proses pembelajaran
dengan memberikan tes lisan tentang materi passing bawah, passing atas, servis
· Melakukan
refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi passing bawah,
passing atas, servis
· Memberikan
umpan balik dan penugasan pada peserta didik
Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran,
dan berdoa
H.
Penilaian
Penilaian dilakukan secara autentik dengan
penilaian terlampir
Denpasar,14
Juli 2014
Menyetujui:
Kepala SMK Teknologi Wira Bhakti
Denpasar Guru Mata Pelajaran
________________________ I Gusti Ngurah Putrayasa,S.Pd
0 Komentar